Layanan Masyarakat Hubungi 022-4205668 atau email kec.surban@bandung.go.id

Desainer Bandung ini Ciptakan Gitar Tertipis di Dunia

 
 
Raka Shiddiq menunjukan gitar berukuran 8 mm yang diciptakannya. (Photo Source: Antara News)

InfoBandung,-

Musik dalam kehidupan adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan. Dengan mendengarkan musik, mood seseorang bisa berubah menjadi ceria atau mungkin sebaliknya. Banyak cara untuk Kita bisa mendengarkan musik di era digital saat ini, seperti melalui YouTube, Spotify, Jox, iTunes, dan lainnya.

Namun bagi sebagian orang mendengarkan musik saja tidak cukup. Mereka lebih menikmati alunan musik dengan memainkan alat musiknya. Salah satu alat musik yang sederhana dan sering digunakan adalah gitar.

Dilansir dari laman Wikipedia, Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.

Seorang warga Bandung bernama Raka Shiddiq menciptakan gitar akustik yang digadang-gadang sebagai gitar tertipis di dunia. Desainer Bandung ini ciptakan Gitar Tertipis di Dunia yang berukuran delapan milimeter.

Gitar produksi rumah Anymos Essential ini juga memiliki keistimewaan lainnya, gitar ini dapat menghasilkan ciri khas suara akustik yang sebelumnya hanya bisa dihasilkan oleh desain gitar akustik tradisional.

Dikutip dari laman rilis.id, Raka membuat gitar tersebut sebagai salah satu bentuk inovasi dan resolusi gitar. Menurutnya banyak musisi yang gengsi untuk menggunakan gitar produksi lokal.

Berawal dari kejenuhannya membuat gitar dengan bentuk yang standar dan gitu gitu aja, Raka kemudian mencoba membuat gitar dengan ukuran yang tipis. Selain itu, Ia juga melihat jika gitar buatan lokal sulit bersaing dengan gitar-gitar buatan luar negeri.

Gitar akustik tipis buata Raka ini menggunakan sistem microchamber yang dapat menghasilkan suara lebih panjang berkat konstruksi neckthrough. Gitar ini juga dikombinasikan dengan sistem undersaddle piezo untuk performa suara terbaik tanpa noise. Dengan desain ini, suara yang dihasilkan tidak akan memiliki resonansi berlebih yang sering menjadi penyebab feedback.

Meskipun gitar buata Raka ini belum diluncurkan, namun gitar tipis ini sempat dipamerkan dalam ajang pameran di tiga negara, seperti pameran Business of Desain Week 2016 di Hongkong, South-by-SouthWest (SXSW 2017) Austin USA, Salone Del Mobile Milano 2017, dan Casa Bravacasa 2017.

 

© 2018 Kecamatan Sumur Bandung. All rights reserved.